Breaking News
recent

Burung Kapas Tembak, Betinanya Menjadi Favorit

Burung kapas tembak pada awalnya merupakan burung pemaster yang kerap menjadi idola, namun saat ini, perannya di dunia burung kicau semakin diminati bahkan di beberapa daerah di Indonesia, burung berjulukan si tukang nembak ini bertambah profesinya sebagai burung lomba. Perannya mampu menyaingi kepopuleran burung lain yang sering menjadi murid vokalnya atau burung yang sering dimasteri dengan suara tembakan rapat dan kasarnya seperti burung murai batu, cucak ijo, kacer, cucak jenggot dan lainnya.


Perbedaan kapas tembak jantan dan betina

Seperti hal yang seringkali dianggap tidak penting namun sebenarnya sebagi kicau mania terutama yang hendak mengadopsi burung kapas tembak terlebih dahulu haruslah mengetahui jenis kelamin burung yang akan dipelihara. Alasannya adalah karena karakter dan suara burung tersebut berbeda.

1. Kapas tembak jantan
  1.   Suara didominasi suara isian bervariasi yang dinyanyikan dengan merdu, tidak monoton hanya tembakan kasar.
  2.    Bentuk badannnya simetris atau proporsional.
  3.    Fosturnya sedikit lebih besar dari betina.
  4.    Saat di trek atau diadukan dengan burung sejenis akan lebih menonjolkan sifat fighternya.
  5.    gaya bertarung jarang buka ekor, kalo pun buka tidak selebar betina nya.
2. Kapas tembak betina
  1.    Suara monoton, hanya tembakan dan besetan kasar yang tajam dan keras.
  2.    Bentuk bada tidak simetris, terkadang terlihat kegemukan.
  3.    Fosturnya sedikit lebih kecil dari sang jantan.
  4.   Saat di trek atau diadukan dengan burung sejenis, sayapnya akan ngeleper seperti burung pleci yang over birahi (OB).
  5.    Gaya bertarungnya sering buka ekor lebih lebar dibanding Kapas tembak jantan.
Ini artinya Kapas tembak betina lebih disukai dan menjadi favorit para pecintanya, untuk di lombakan karena meskipun kicauannya monoton tetapi lebih rapat, keras dan tajam di tambah dengan kibasan ekornya yang membuka lebih lebar sehingga terlihat indah. Kicauan nya hanya tembakan atau besetan yang tajam. Sedangkan kicauan pejantannya lebih bervariasi, dia bisa menirukan suara burung-burung lain dengan merdu. Untuk itu Burung kapas tembak jantan lebih cocok jika dipelihara sebagai burung rumahan.
Unknown

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.